Indonesia Selasa, 26-01-2021 Jam 00:43:43
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

828 Petugas KPPS dan Petugas Ketertiban Dua Kelurahan Teweh Tengah Ikuti Rapid Test

by Admin - Tanggal 01-12-2020,   jam 00:43:43
828 Petugas KPPS dan Petugas Ketertiban Dua Kelurahan Teweh Tengah Ikuti Rapid Test IKUTI RAPID TEST-Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Petugas Ketertiban Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah saat menunggu giliran untuk dirapid test COVID-19, dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, di aula Kecamatan Teweh Tengah, Selasa (1/12/2020).(foto:ist)

KALTENGSATU, Muara Teweh – Sebanyak 828 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Petugas Ketertiban di dua Kelurahan yaitu Kelurahan Melayu dan Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Barut) mengikuti rapid test (tes cepat) COVID-19, di aula Kecamatan Teweh Tengah, Senin (1/12/2020).

 

Dilakukannya rapid test COVID-19 ini sengaja dilakukan sebagai upaya KPU Barito Utara dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Tahun 2020 di tengah pandemi Covid 19. Sehingga semua penyelenggara, mulai dari tingkat KPU hingga KPPS wajib mengikuti rapid test.

 

Ketua Panita Pemungutan Suara Kelurahan Melayu Rois Aulia mengatakan kegiatan rapid test COVID-19 ini dilaksanakan dalam rangka menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

 

Rapid test ini mutlak dilakukan agar di dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020 nanti semuanya harus sehat dan bebas dari terkonfirmasinya Covid 19.

 

“Jadi semua petugas KPPS dan Petugas Ketertiban ini, sebelum mengikuti Bimtek harus dirapid terlebih dahulu. Sebab kita mau semuanya berjalan lancar, jangan sampai ada yang terkonfirmasi,” katanya.

 

Hal ini kata dia berlaku seluruhnya. Dan kini giliran petugas KPPS dan petugas Ketertiban atau Linmas wajib pula mengikuti rapid test.

 

Dalam kegiatan rapid test ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Barito Utara dan pihak terkait. Rapid test bagi petugas KPPS dan petugas ketertiban ini melibatkan 10 orang tenaga kesehatan.

 

“Rapid test untuk Kelurahan Melayu dilaksanakan pada pagi dan diikuti sebanyak 441 petugas KPPS dan petugas ketertiban. Sedangkan untuk Kelurahan Lanjas diikuti sebanyak 387 petugasKPPS dan petugas ketertiban dilaksanakan setelah Kelurahan Melayu,” katanya.

 

Untuk diketahui, jumlah petugas KPPS itu sendiri terdiri dari tujuh orang ditambah dua orang petugas petugas ketertiban (Linmas) di setiap TPS yang ada di Kecamatan Teweh Tengah. Jumlah petugas KPPS dan petugas ketertiban se Kecamatan Teweh Tengah sebanyak 1.089 orang.(ari/kh1)