Indonesia Selasa, 13-04-2021 Jam 14:49:06
KaltengSatu
Home Berita MITRA-KALTENG Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Lepas Peserta Pelatihan Mekanik dan Operator PT Adaro Energi

by Redaksi - Tanggal 04-02-2021,   jam 14:49:06
Bupati Mura Lepas Peserta Pelatihan Mekanik dan Operator PT Adaro Energi Bupati Mura Perdie M Yoseph saat memasang tanda peserta pada acara pelepasan pelatihan Mekanik dan Operator PT Adaro Energi Tbk, di GPU Puruk Cahu, Kamis (4/2).

KALTENGSATU, Puruk Cahu - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) mengapresiasi terkait pelatihan operator dan mekanik yang dilaksanakan PT SIS PT SAPTAINDRA SEJATI (SIS), sub kontraktor dari PT Adaro Energy Tbk.

 

Kegiatan ini dihadiri Bupati Mura Drs Perdie M Yoseph, Wabup Mura Rejikinoor S.Sos, Kadis Nakertras Mura H Fajarudinnor dan undangan lainnya, di GPU Tira Tangka Balang Puruk Cahu, Kamis (4/02/2021).

 

Manajer Operasional PT SIS, Eko Wahyu Kurniawan, sebanyak 63 peserta ini akan mengikuti traning selama tiga bulan untuk menjadi mekanik dan operator yang handal. Diantaranya 15 Operator Preparation Program (OPP) dan 48 Mechanic Preparation Program (MPP) angkatan 1 tahun 2021 Job Site Maco.

 

"Pesan saya kepada para peserta OPP dan MPP, memberikan kinerja dan kontribusi terbaik kepada PT SIS agar menjadi kebanggaan Kabupaten Murung Raya," kata Eko Wahyu Kurniawan.

 

Ia berharap PT Adaro akan semakin besar di kabupaten Murung Raya, sehingga angkatan kerja yang ada di kabupaten Murung Raya ini akan lebih banyak terserap. 

 

Saat ini, SIS memiliki lebih dari 9000 karyawan baik di area head office – Jakarta, maupun jobsite (wilayah Kalimantan Selatan dan  Kalimantan Tengah). Jobsite termuda SIS adalah MACO, berada di area Kabupaten Murung Raya, di lokasi kerja PT Maruwai Coal.

 

Terkait rekrutmen karyawan lokal, dalam hal ini Pemkab Mura terus menyamakan persepsi yang berkenaan dengan penguatan kapasitas potensi tenaga lokal muda putra-putri Murung Raya terjadi mengalami peningkatan, yaitu dalam bentuk pelatihan pelatihan bagi mereka baik yang di sektor mekanik maupun di sektor operator.

 

"Kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak perusahaan yang melaksanakan pelatihan," kata Bupati Perdie M Yoseph.

 

Perdie berharap, depan kegiatan ini berdampak positif merekrut tenaga lokal kita sehingga antara kesempatan tenaga kesempatan kerja dengan pencarian lapangan kerja baru bagi masyarakat kita ini bisa ketemu. 

 

"Sehingga angka pengangguran semakin berkurang dan bertambah lebih ditingkatkan lagi. Namun yang jadi kendala saat ini adalah skil yakni sumber daya manusianya," tandas bupati. (ren)