Indonesia Selasa, 13-04-2021 Jam 15:15:39
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Palangka Raya

Kadis Narkertranskop dan UKM Barut Tengok Usaha Ekonomi Masyarakat di Tawan Jaya

by Redaksi - Tanggal 13-02-2021,   jam 15:15:39
Kadis Narkertranskop dan UKM Barut Tengok Usaha Ekonomi Masyarakat di Tawan Jaya KUNJUNGI PETERNAK KAMBING-Kadis Nakertranskop dan UKM Barito Utara M Mastur saat mengunjungi salah satu peternak kambing (pelaku usaha/UKM) di desa Tawan Jaya Kecamatan Teweh Selatan, Jumat (12/2/2021) kemarin.(foto:Disnakertranskop dan UKM Barut)

KALTENGSATU, Muara Teweh – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Nakertranskop dan UKM) Kabupaten Barito Utara M Mastur bersama jajarannya melakukan kunjungan ke salah satu peternak kambing di wilayah desa Tawan Jaya Kecamatan Teweh Selatan, Jumat (12/2/2021).

 

“Kunjungan ke salah satu peternak kambing di Desa Tawan Jaya itu rangka upaya untuk meningkatkan kegiatan usaha ekonomi masyarakat di daerah tersebut,” kata Mastur, Sabtu (13/2/2021).

 

Selain itu kata dia untuk mensukseskan program peningkatan ekonomi masyarakat, menciptakan usaha dan mengurangi pengangguran tenaga kerja produktif yang merupakan salah satu misi dan tujuan pembangunan Kabupaten Barito Utara.

 

Menurut Mastur, program upaya peningkatan ekonomi masyarakat sangat penting dan strategis, apalagi dikondisi Pandemi COVID-19 saat ini yang tidak hanya melanda daerah ini namun diseluruh duunia.

 

“Dalam peningkatan ekonomi masyarakat diharapkan kepada masyarakat dan pelaku usaha lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan dan mengembangkan usaha selaras dengan potensi, kebutuhan dan perkembangan yang ada,” kata kadis Nakertranskop dan UKM Barito Utara yang baru dilantik.

 

Lebih lanjut mantan Camat Teweh Tengah ini mengatakan kegiatan ekonomi masyarakat atau pelaku usaha (UKM) diharapkan mengarah kepada ekonomi kreatif dan produktif, dalam arti bagaimana upaya menciptakan dan menghasilkan produk yg memiliki nilai tambah dan berhasil guna.

 

Seiring dengan peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat atau pelaku usaha (KUKM), maka akan terbuka lapangan usaha atau kerja dan berkurangnya pengangguran.

 

“Dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat tersebut diperlukan motivasi bersama dan sinergitas pembinaan dan pengembangan dari masyarakat atau pelaku usaha dan stakeholder terkait,” katanya.(ari/kh1)