Indonesia Minggu, 31-05-2020 Jam 16:58:19
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

Masuk Kota Muara Teweh, Suhu Tubuh Pengendara dan Penumpang Diperiksa

by Admin - Tanggal 27-03-2020,   jam 16:58:19
Masuk Kota Muara Teweh, Suhu Tubuh Pengendara dan Penumpang Diperiksa Pemeriksaan kesehatan bagi warga yang melintas di jalan negara Kandui - Muara Teweh, Jumat (27/3/2020) malam.

KALTENGSATU, Muara Teweh - Selama dua hari ini diadakannya pos pemantauan kesehatan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Utara, yang berada di Kandui, Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara.
 
"Hingga saat ini sejak pukul 06.00 WIB pagi telah didata sebanyak 653 orang yang melintas ataupun memasuki wilayah Barito Utara," ungkap Godwin P, S.Kep, Kepala Koordinator Petugas Posko Pemantauan Kandui, Jumat (27/3/2020).

 

Ia juga menyampaikan bahwa sampai saat ini warga yang telah dicek paling tinggi bersuhu badan 36,9 derajat dan tidak ada keluhan yang mengarah ke COVID-19.

 

"Kita sudah pengklasifikasikan status kesehatan, namun hingga saat ini belum ada warga yang mengarah ke gejala Covid-19," jelasnya.

 

Ia menuturkan, untuk warga Kandui khususnya yang memiliki gejala ringan akan kita himbau untuk karantina mandiri dirumah dan selalu dipantau dengan menghubungi melalui telepon, namun untuk diluar wilayah Kandui data dan nomor kontak yang bersangkutan akan dilaporkan kepada Gugus Tugas Barito Utara.

 

Ia juga menjelaskan bagi warga diluar desa Kandui yang melintas ataupun menuju Muara Teweh dan sekitarnya yang mengalami gejala ringan maupun berat pihaknya akan segera melakukan penanganan sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19 serta berkoordinasi dengan Gugus Tugas Barito Utara untuk tindakan lebih lanjut.

 

"Bagi pasien yang masih berstatus dengan gejala ringan akan kami anjurkan untuk karantina mandiri dan akan dilaporkan datanya kepada Gugus Tugas Covid-19 Barito Utara untuk pemantauan. Namun apabila gejalanya berat akan kami rujukan ke Rumah Sakit Muara Teweh dengan menggunakan ambulance," tuturnya. 

 

Sejauh pelaksanaan ini menurutnya warga sangat merasa terbantu dengan adanya posko pemantauan kesehatan ini guna mendeteksi dini gejala covid-19.

 

"Dikarenakan pemeriksaannya pun gratis, maka wargapun banyak dengan sukarela memeriksakan gejala virus corona ini," Ucap Godwin.

 

Sebelumnya pada sore hari, Wakil Ketua I DPRD Barito Utara, Permana dan Anggota DPRD Wardatun Nur Jamilah meninjau Posko yang berada di Puskesmas Kandui ini. 

 

"Dengan adanya posko ini dapat memperketat pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Barito Utara," harap Permana.

 

Dalam kunjungan tersebut pihaknya juga memberikan bantuan kepada petugas jaga posko berupa makanan dan minuman serta masker agar para petugas dapat selalu fokus dalam menjaga dan mendata para warga yang memasuki area Barito Utara. (noy/kh1)