Indonesia Selasa, 13-04-2021 Jam 14:32:09
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Kotawaringin Timur

Dorong Manfaatkan Lahan Tidur di Kotim

by Redaksi - Tanggal 28-02-2021,   jam 14:32:09
Dorong Manfaatkan Lahan Tidur di Kotim Anggota DPRD Kotim Syahbana, SP

KALTENGSATU, Sampit - Banyaknya lahan kosong yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur membuat Anggota DPRD Komisi II dari Partai NasDem Syahbana angkat bicara. Dikatakan dia, Kotim ini banyak lahan kosong. Hal ini diharapkan pemerintah daerah bisa menanam pohon di lahan kosong yang saat ini masih banyak.

 

Hal ini memang selain penghijauan atau rebosisasi juga untuk mencegah kebakaran yang memang terjadi beberapa waktu lalu. "Saya rasa jika lahan kosong bisa kita manfaatkan dengan menanam pohon, kemungkinan kebakaran bisa berkurang,"jelas Syahbana, Rabu (24/2)

 

Dirinya mengajak masyarakat juga agar bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada di wilayahnya masing-masing. "Tanah kita ini subur, sangat baik untuk di tanam berbagai jenis tanaman. Ini yang harus kita maksimalkan agar lahan kosong tersebut bisa produktif,"pintanya.

 

Memang saat ini untuk membuka lahan atau bercocok tanam dengan cara membakar saat ini di larang. "Mungkin bisa cari cara lain agar petani kita ini bisa membuka lahan bukan dengan cara membakar. Ini yang harus dilakukan pemerintah nantinya,"ungkapnya.

 

Apalagi beberapa waktu lalu, masih banyak yang membuka lahan dengan cara membakar. "Mungkin hal ini bisa dicarikan solusi yang terbaik kepada petani. Sebab, membakar lahan memang dilakukan sejak puluhan tahun lalu dan ini sudah menjadi tradisi warga,"akuinya.

 

Diharapkan pemerintah agar mencari cara untuk petani membuka lahan tidak dengan membakar. "Apalagi banyak pekarangan rumah yang bisa disulap menjadi lokasi bercocok tanam. Ini kan lahan kosong yang bisa produktif nantinya,"tandasnya. (In)