Indonesia Selasa, 13-04-2021 Jam 15:12:14
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

Pemkab Barut Ikuti Vidcon Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat

by Redaksi - Tanggal 03-03-2021,   jam 15:12:14
Pemkab Barut Ikuti Vidcon Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat IKUTI VIDCON PENINGKATAN INDEKS LITERASI- Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hj Siti Nornah Iriawati, Wakil Ketua TP PKK Barito Utara, Nila Sari Panala Putra serta jajaran pengurus TP PKK, dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat saat mengikuti vidcon peningkatan indeks literasi masyarakat di rumah jabatan bupati, Selasa (2/3/2021).(foto:Diskominfosandi Barut)

KALTENGSATU, Muara Teweh - Dalam rangka peningkatan indeks literasi masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng), Kepala Perpustakaan Nasional, Drs Muhammad Syarif Bando, berkunjung ke Provinsi Kalteng sekaligus penandatanganan nota kesepahaman antara Perpusnas RI dengan perguruan tinggi di Kalteng.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan dan disaksikan secara virtual oleh Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalteng. Kabupaten Barito Utara, dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hj Siti Nornah Iriawati, Wakil Ketua TP PKK Barito Utara, Nila Sari Panala Putra serta jajaran pengurus TP PKK, dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat.

 

Dalam sambutan Gubernur yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri mengapresiasi penyelenggaraan acara peningkatan indeks literasi masyarakat dan penandatanganan nota kesepahaman.

 

"Untuk mengajak seluruh masyarakat dalam meningkatkan gemar membaca, diharapkan kepada Bupati dan Wakil Bupati, untuk meningkatkan indeks literasi didaerahnya masing-masing," kata Fahrizal.

 

Wakil Ketua Komisi III DPD RI, H Muhammad Rakhman, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perpusnas yang telah memberikan bantuan 1 buah mobil baca kepada Provinsi Kalteng. "Semoga kedepannya, tiap-tiap kabupaten/kota mendapat bantuan tersebut," harap Rakhman.

 

Waket Komisi III juga menjelaskan manfaat membaca dan literasi, kesulitan untuk mengajak masyarakat untuk gemar membaca, berbagai cara dilakukan untuk dapat menarik minta baca masyarakat melalui lomba-lomba dan lainnya, dan sulitnya mengukur indeks literasi.

 

Sementara, Bunda Literasi Kalimantan Tengah, Ivo Sugianto Sabran mengatakan telah mengkampanyekan gemar membaca melalui berbagai media, baik media cetak, elektronik maupun media sosial dan melalui Tim PKK baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

 

Wakil Ketua TP PKK, Nila Sari menyambut baik kegiatan yang diadakan. Kedepannya, TP PKK akan mensosialisasikan gemar membaca khususnya di lingkup TP PKK sampai dengan tingkat Desa/Kelurahan. "Akan kita sosialisasikan gemar membaca kepada masyarakat," jelas Nila Sugianto Panala Putra.(ari/kh1)