IMG-LOGO
Home Berita LINTAS-KALTENG Palangka Raya

Anggota Dewan Mura Ini Minta Pemerintah Dengar Keberatan Pedagang

by Admin - Tanggal 28-01-2020,   jam 13:54:01
Anggota Dewan Mura Ini Minta Pemerintah Dengar Keberatan Pedagang Petugas Disperindagkop dan UMKM Mura ketika melakukan pendataan terhadap pedagang di Pasar Hungan Puruk Cahu, Senin 27 Januari 2020.

KALTENGSATU, Puruk Cahu - Ketua Fraksi Partai Nasdem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Murung Raya Maria Hetty, SE menyebutkan bahwa lokasi pasar rakyat dermaga Bahitom kurang strategis, meski untuk jangka panjang cukup baik.

 

"Persoalan yang terjadi sekarang ini kenapa pedagang enggan pindah kesana, itu harus dicari tahu. Pemerintah juga harus mendengar keberatan mereka pindah, yang jelas saya tangkap dari pedagang karena lokasi pasar Rakyat Dermaga Bahitom itu kurang strategis," kata Maria Hetty, Selasa 28 Januari 2020.

 

Menurut Maria Hetty, ketika ia berbincang dengan pedagang Pasar Pelita Hilir dan Pasar Hungan, alasan pedagang beragam.

 

"Ada pedagang yang mengatakan kalau pindah ke pasar baru mereka kesulitan akses, tidak memiliki kendaraan untuk mengantar barang dagangan ke Pasar Rakyat Dermaga Bahitom, karena memang mereka berdomisilinya di daerah Pelita hilir. Jaraknya pun cukup jauh," terang Maria.

 

Selain itu, mereka khawatir akan kurangnya minat pembeli pada dagangan mereka, karena lokasi pasar jauh dari pemukiman padat penduduk.

 

"Menurut saya itu bukan alasan klasik, karena memang saya lihat di pasar rakyat Dermaga Bahitom pembelinya pun sedikit. Karena memang tempatnya jauh dari pemukiman padat penduduk," jelasnya.

 

Bahkan rata-rata yang berjualan di Pasar Pelita Hilir dan Hungan mereka yang menjual untuk kebutuhan dapur sehari-hari, mulai dari sayur, ikan, beras dan lainnya.

 

"Bahkan yang berjualan juga banyak dari Puruk Cahu Seberangan, kalau akses ke Dermaga Bahitom mereka juga cukup jauh," sebutnya.

 

Ia menambahkan masalah strategis ataupun tidak pasar tersebut itu relatif dan tidak juga menjadi alasan.  "Sekarang bagaimana pihak pemerintah menata supaya menjadi daya tarik dan pihak produsen menjadi tertarik," tuturnya.

 

Pembangunan pasar Rakyat Dermaga Bahitom juga dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat, sehingga pihak DPRD Mura tidak terlibat dalam pembahasannya.

 

"Seandainya kita dilibatkan tentu kita dari Fraksi Partai Nasdem memberi masukan ke pemerintah lebih baik tata dengan baik lokasi pasar Hungan dengan pertimbangan akses pedagang dan pembeli, karena alasan pemerintah pasar tersebut kumuh saja," imbuhnya.

 

Hanya saja, lanjutnya kurang maksimal sosialisasi yang dilakukan pemerintah kepada para pedagang. "Harus ada sosialisasi terus menerus," tutupnya. (n)