IMG-LOGO
Home Berita MITRA-KALTENG Pemkab Murung Raya

Dua Korban DBD di Mura Meninggal Dunia

by Admin - Tanggal 05-02-2020,   jam 13:41:12
Dua Korban DBD di Mura Meninggal Dunia Petugas Dinas Kesehatan Mura ketika melakukan fogging ke rumah penduduk di Kelurahan Beriwit, beberapa waktu lalu.

KALTENGSATU, Puruk Cahu - Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Murung Raya (Mura) telah memakan korban jiwa, sebanyal 2 orang warga dikabarkan meninggal dunia atas kasus tersebut.

 

"Betul ada korban jiwa sebanyak 2 orang pada kasus DBD ini. Kasus DBD ini tidak bisa kita anggap ringan," kata Kepala Dinas Kesehatan Murung Raya, Suria Siri melalui Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Iskandar Kurniawan, Rabu 5 Februari 2020.

 

Menurut Kurniawan, untuk secara keseluruhan terdapat 36 warga yang terjangkit DBD di Kabupaten Mura. Masyarakat pun diminta berperan aktif dalam rangka menekan kasus DBD.

 

"Untuk itu kami mengajak  masyarakat Mura untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka, supaya terhindar dari kasus DBD ini," ujarnya.

 

Upaya yang dilakukan oleh pihaknya, lanjut Kurniawan dengan dilakukan fogging di sejumlah titik, di antaranya Desa Danau Usung, Gang Durian, Respen, dan Veteran.

 

"Fogginh itu bertujuan untuk mengatasi wabah virus yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus itu," tuturnya. 

 

Selain fogging, pihaknya menggencarkan  sosialisasi untuk memerangi virus dengue ini dengan cara menguras, mengubur, dan menutup (3M) agar virus ini tidak cepat berkembang biak.

 

"Cara itu efektif dalam rangka  mematikan telur-telur penyebab nyamuk DBD tersebut, sehingga harus diputus perkembanganbiakannya," tuturnya.

 

Ia menyebutkab bahwa tanda-tanda orang terkena DBD antara lain demam disertai mimisan dan ada tanda bintik-bintik merah di tangan, atau bisa gusi berdarah tanpa sebab. (n)