IMG-LOGO
Home Berita MITRA-KALTENG Pemkab Murung Raya

Dorong Gunakan Dana Desa Atasi Blankspot

by Admin - Tanggal 12-02-2020,   jam 14:43:44
Dorong Gunakan Dana Desa Atasi Blankspot Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Mura Bimo Santoso

KALTENGSATU, Puruk Cahu - Sebanyak 42 desa di Kabupaten Murung Raya yang belum terakses jaringan telekomunikasi atau blankspot. Bahkan pemerintah desa (Pemdes) diminta agar melakukan penganggaran melalui dana desa untuk menuntaskan persoalan tersebut.

 

"Desa yang blankspot itu tersebar di tujuh kecamatan, kami berharap agar pemerintah desa dapat turut serta dalam menyelesaikan persoalan ini dengan menganggarakan melalui dana desa," ungkap Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Mura Bimo Santoso, Rabu 12 Februari 2020.

 

Menurut Bimo sampai saat ini sebaran tower base transceiver station (BTS) hanya ada di Kecamatan Murung, Permata Intan dan Laung Tuhup.

 

"Selebihnya belum ada, sampai sekarang masih ada 7 kecamatan yang belum terakses dengan lancar bahkan tidak ada sama sekali akses telekomunikasi," ujarnya.

 

Oleh karena itu dia berharap dari data 42 desa yang blankspot sinyal ini agar bisa memanfaatkan dana desa (DD) untuk melakukan kerja sama dengan penyediaan sinyal telekomunikasi.

 

"Tentu akan kita fasilitasi bagi pemerintah desa yang akan melakukan pemasangan alat  (penyedia sinyal, red) agar desa mereka dapat teratasi dari blankspot," terangnya.

 

Ia menyebutkan bahwa pemerintah desa sangat berkepentingan dengan akses telekomunikasi terutama untuk urusan pemerintahan, sehingga dapat menerima dan mengiri informasi segera ke kecamatan maupun kabupaten.

 

Bahkan sinyal internet di desa juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bidang usaha milik desa atau BUMDes mengingat saat ini kebutuhan terhadap jaringan internet menjadi  prioritas bagi masyarakat. (n)