Indonesia Kamis, 13-06-2024 Jam 07:25:03
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

Anggota DPRD Himbau Warga untuk Waspada Terhadap Penipuan melalui pesan WA

by Redaksi - Tanggal 05-04-2024,   jam 07:25:03
Anggota DPRD Himbau Warga untuk Waspada Terhadap Penipuan melalui pesan WA Iqbal Reza Erlanda

KALTENGSATU, Muara Teweh – Anggota DPRD Barito Utara Iqbal Reza Erlanda menghimbau kepada warga masyarakat maupun ASN di wilayah Barito Utara agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap penipuan melalui pesan WhatsApp (WA) maupun melalui akun di media sosial (Medsos).

 

 Dimana pada bulan beberapa waktu lalu April 2024 ada akun WhatsApp (WA) nomor 0821 4193 0998 yang mengatasnamakan Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara, Drs Jufriansyah.

 

“Dihimbau kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warga masyarakat untuk tidak mudah percaya akan rayuan pelaku penyalahgunaan WA atau media sosial lainnya yang mengatasnamakan Pj Sekda ataupun pejabat lainnya,” kata Iqbal, Jumat (5/4/2024) di Muara Teweh.

 

Dikatakannya, di Barito Utara sering terjadi penipuan menggunakan nama pejabat daerah. Nama pejabat digunakan untuk modus penipuan. Modus yang biasa mereka gunakan agar percaya bahwa itu adalah orang yang asli.

 

“Biasanya mereka membuka obrolan atau percakapan dan untuk meyakinkannya mereka menyalahgunakan foto profil di medsos,” kata politisi Partai Demokrat barito Utara ini.

 

Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh ASN dan warga masyarakat di daerah ini agar tidak mudah percaya terhadap nomor baru yang menghubungi baik itu nomor WhatsApp (WA), nomor seluler, akun-akun medsos baik itu melalui chat WhatsApp, SMS ataupun lainnya.

 

Dijelaskannya, jika ada yang kejadian seperti itu alangkah baiknya untuk di croscek terlebih dahulu dan tidak jangan mudah dipercaya, apabila ada yang mencurigakan segera melaporkan kepada pihak yang berwenang atau bisa menghubungi Dinas Kominfosandi Barito Utara untuk mengetahui kebenarannya.(kh3)