Indonesia Senin, 15-07-2024 Jam 13:08:36
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Murung Raya

Pemukulan Gong Tanda di Bukanya pemilihan Putra dan Putri Pariwisata 2024

by Redaksi - Tanggal 18-04-2024,   jam 13:08:36
Pemukulan Gong Tanda di Bukanya pemilihan Putra dan Putri Pariwisata 2024 Asisten I Setda Murung Raya (Mura) Serampang memukul gong sebagai tanda dibukanya pemilihan bakah bawe putra dan putri pariwisata Kabupaten Murung Raya tahun 2024, Rabu (17/4/2024) malam.

KALTENGSATU, PURUK CAHU– Asisten I Setda Murung Raya (Mura) Serampang membuka secara resmi kegiatan pemilihan Bakah Bawe putra dan putri Pariwisata Kabupaten Murung Raya tahun 2024. Kegiatan tersebut digelar Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (DKOP) di GPU Tira Tangka Balang, Rabu (17/4/2024) malam.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Pj Ketua TP-PKK Kab.Mura Melsi Hermon, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Mura, Camat se-Murung Raya, Finalis Bakah Bawe dari kecamatan setempat dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya Asisten I Setda Murung Rata Serampang mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diharapkan bisa menjadi prasarana interaktif dalam upaya pengembangan potensi bakat, kreativitas, kecerdasan pada generasi muda untuk menjadi figure yang dapat berperan aktif dalam mempromosikan kekayaan seni budaya dan pariwisata Kabupaten Murung Raya secara berkelanjutan.

 

“Kita mengapresiasi dan mendukung sepanjang kegiatan ini bersifat positif dan mampu memberikan wadah bagi pembinaan generasi muda dan masyarakat pada umumnya dan kami juga berharap melalui event pemilihan Bakah Bawe Pariwisata kali ini dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam menguatkan citra positif di bidang pariwisata untuk mendongkrak perekonomian daerah khususnya di Kabupaten Murung Raya yang kita cintai,” kata dia.

 

Ia juga menyampaikan dalam konteks pelaksanaan pemilihan Bakah Bawe Pariwisata se-Kabupaten Murung Raya ini, seluruh peserta dapat perkompetisi sehat dengan tetap menjunjung tinggi nilai norma dan adat istiadat kita sehingga memperoleh banyak manfaat guna kemajuan Pariwisata di Kabupaten Murung Raya pada khususnya, serta di Provinsi Kalimantan Tengah pada umumnya dan juga panitia maupun dewan juri dalam pelaksanaan Kegiatan ini berharap mampu melaksanakan tugasnya dengan profesional dan adil sehingga event ini berjalan baik dan lancar.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DKOP) Mura Srikaryawati dalam laporannya menuturkan, Kabupaten Murung Raya merupakan daerah yang memiliki banyak objek wisata daerah yang tidak kalah menarik dibanding daerah lainnya.

 

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui Dinas terkait melakukan penjaringan bakat dan potensi pemuda-pemudi yang ada di daerah di 10 Kecamatan di Kabupaten Murung Raya, namun yang lolos seleksi peserta mewakili daerah terdiri atas delapan Kecamatan dan dari satu Umum. Sehingga jumlah peserta sebanyak 18 orang.

 

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah mengembangankan potensi bakat, mengasah kreativitas dan kecerdasan pada generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan aktif dalam mempromosikan kekayaan seni budaya dan pariwisata di Kabupaten Murung Raya, sekaligus ajang seleksi untuk mengikuti Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya,” kata Srikaryawati.

 

Acara pembukan pemilihan Bakah Bawe tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten I Setda Mura Serampang. Diketahui pemilihan Bakah Bawe Putra Putri Pariwisata dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 16-18 April 2024.(kh1)