Indonesia Senin, 15-07-2024 Jam 12:38:45
KaltengSatu
Home Berita OLAHRAGA Sport Lokal

KONI Barito Utara Gelar Bimtek Keuangan Cabor

by admin - Tanggal 04-07-2024,   jam 12:38:45
KONI Barito Utara Gelar Bimtek Keuangan Cabor BIMTEK Keuangan Cabang Olahraga KONI Kabupaten Barito Utara di Aula Bappeda dan Litbang setempat, Senin (1/7)

KALTENGSATU, Barito Utara - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Barito Utara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keuangan Cabang Olahraga (Cabor) di Aula Bappeda dan Litbang Barito Utara (Batara), Senin (1/7).

 

Bimtek diikuti 33 cabor dibawah nauangan KONI, dan dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Batara, Hj Annisa Cahyawati. Bimtek yang baru pertama kali diadakan ini menggandeng Inspektorat, Badan Pengelola Keuangan dan Aset, serta Kantor Pajak Pratama Muara Teweh.

 

“Laporan yang baik sangat membantu untuk mendapatkan peningkatan kepercayaan dari pemerintah, seluruh kalangan intern dan masyarakat. Itulah sebabnya pelaporan keuangan penting,” tegas Annisa didampingi Ketua Umum KONI Batara, Dedy Suryana dan Sekum Roby Cahyadi.

 

Annisa meminta seluruh cabor memperhatikan, mencatat penatausahaan dan administrasi. Tujuannya, mewujudkan cabor bisa mengatur keuangan, ada rasa akuntabilitas, tanggung jawab, transparasi dan efesiensi.

 

Dalam kesempatan itu, Ketum KONI Batara, Dedy Suryana menyatakan, KONI Barito Utara berkomitmen untuk mengayomi cabor, atlet dan pelatih agar mereka merasa nyaman dan termotivasi untuk berlatih.

 

”Bagi induk cabang olahraga pertanggungjawaban keuangan organisasi, di bawah naungan KONI Barito Utara perlu penyeragaman pola, baik dari sisi pengelolaan dan pelaporan,” ungkapnya. Karena ini, imbuh dia, bersifat krusial untuk menjaga kepercayaan pemerintah selaku pemberi hibah kepada KONI yang kemudian disalurkan kepada cabor.

 

Dedy mengutarakan, untuk menciptakan pengelolaan yang baik, perlu instrumen yang baik pula. Dari pengalaman selama ini, ternyata ada laporan cabor perlu penyempurnaan dalam pembuatannya. KONI Barito Utara membentuk juga audit internal. Dengan harapan, pengelolaan administrasi keuangan bisa berjalan tertib dan sesuai ketentuan.

 

”Kami berharap cabor aktif berkomunikasi dengan para narasumber untuk memahami dengan baik seperti apa pola pelaporan yang benar,” tandasnya. Dengan anggaran yang tersedia, tukas dia, tentu ada target yang dibebankan kepada induk cabang olahraga. Perhatian yang besar dari Pemkab Barito Utara, maka sudah sewajarnya KONI Barito Utara bersama 33 cabor menjawab tantangan itu dengan meraih prestasi.

 

“KONI Kabupaten Barito Utara menginginkan kerja sama dalam membangun sinergitas antara pemerintah, insan olahraga, masyarakat serta dunia usaha dalam satu kesadaran bersama dalam mewujudkan atmosfir olahraga yang kondusif,” ucap Dedy. (kh2)