Indonesia Senin, 15-07-2024 Jam 12:46:32
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

PT BEK bersama Kontraktor Gelar Eco Run Festival di Buper Panglima Batur

by admin - Tanggal 08-07-2024,   jam 12:46:32
PT BEK bersama Kontraktor Gelar Eco Run Festival di Buper Panglima Batur

KALTENGSATU, Muara Teweh - PT Bharinto Ekatama (PT BEK) bersama kontraktornya mengadakan Eco Run festival dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara (DLH Barut) Naili Fasihah mewakili Kadis LH Barito Utara Ir Inriaty Karawaheni, di Bumi Perkemahan (Buper) Panglima Batur, Kecamatan Teweh Selatan, Sabtu (6/7/2024).

 

Anas Fahmi, mewakili KTT PT Bharinto Ekatama mengatakan, kegiatan Eco Run seperti ini rutin setiap tahun dilaksanakan pihaknya, juga pihaknya mengadakan acara hiburan, doorprize, dan merchendise.

 

"Untuk tahun ini kita laksanakan di Bumi Perkemahan Panglima Batur dengan tema our land, our future, generation restoration atau penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan," kata Anas disela-sela acara doorprize berlangsung.

 

DIkatakannya, selain Eco Run atau lari 3 kilometer, pihaknya juga mengadakan penanaman pohon disekitar Buper serta pelepasan bibit ikan bersama perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), perwakilan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) serta perwakilan Polsek Teweh Selatan, perwakilan PT Trust, PT Pama Persada Nusantara, PT SNS.

 

"Alhamdulillah semua kegiatan sudah berjalan lancar. Kegiatan ini juga memanfaatkan dengan mendirikan tenda UMKM yang merupakan produk binaan kita maupun binaan kontraktor kita untuk memperkenalkan kepada masyarakat," terangnya.

 

Kabid Lingkungan Hidup Naili Fasihah dalam sambutannya mengatakan, pada tanggal 5 Juni 2024 kemarin, kita peringati sebagai hari lingkungan hidup sedunia.

 

"Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia mengusung tema penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan," kata Kabid LH Naili membacakan sambutan Pj Bupati Drs Muhlis.

 

Sedangkan secara global perayaan hari lingkungan hidup sedunia 2024 ini berfokus pada restorasi lahan, menghentikan penggurunan dan membangun ketahanan terhadap kekeringan dengan selogan our Land, our Future, Generation Restoration.

 

"Dalam rangka perayaan hari lingkungan hidup tahun 2024 hari ini kita secara bersama-sama melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan menebar benih ikan sebagai salah satu bentuk aksi lingkungan dalam upaya pemulihan lingkungan hidup," kata dia lagi.

 

Pemulihan lingkungan merupakan kunci membalikkan arus degradasi lahan dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrim.

 

Pemulihan lingkungan juga dapat meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim. Pemilihan lingkungan dari degradasi lahan sangat penting sebab lahan menjadi ruang hidup manusia, menyediakan makanan, pakaian dan tempat perlindungan serta lahan mendukung perekonomian, kehidupan dan mata pencaharian.

 

"Dengan aksi lingkungan yang kita laksanakan hari ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten  dalam upaya bersama memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan," pintanya dalam sambutan tersebut.

 

Tak lupa pula kami berterima kasih kepada PT. Bharinto Ekatama (PT.BEK) bersama kontraktornya yang telah menginisiasi kegiatan ini sebagai salah satu langkah nyata dan perhatiannya dalam menjaga kelestarian lingkungan yang juga melibatkan andil dari masyarakat Kabupaten Barito Utara.

 

Harapannya, program-program seperti ini dapat terlaksana dengan baik dan tak terhenti di saat sini saja, namun terus dilaksanakan dan didukung kita semua.

 

"Kepada PT Bharinto Ekatama atau PT. BEK bersama kontraktornya selamat memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi semua upaya dan langkah kita dalam menjaga dan melestarikan lingkungan Indonesia," pungkasnya.(kh3)