Indonesia Selasa, 13-04-2021 Jam 15:30:30
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Kotawaringin Timur

Anggota DPRD Kotim Minta Program Disesuaikan dengan Anggaran Daerah

by Redaksi - Tanggal 31-03-2021,   jam 15:30:30
Anggota DPRD Kotim Minta Program Disesuaikan dengan Anggaran Daerah Anggota Komisi I DPRD Kotim, Rimbun

KALTENGSATU-SAMPIT - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rimbun meminta kepada pemerintah daerah dalam menggunakan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan yang telah ditetapkan. Jangan sampai program yang sudah ditetapkan dan dianggarkan berubah ke lain.

 

Dikatakan Rimbun bahwa pada APBD 2021 ini ada beberapa pembangunan yang memang menjadi skala prioritas. "Saya harapkan penggunaan anggaran itu bisa efektif dan efesian. Dan penting lagi pembangunan harus tepat sasaran dan merata," jelas Rimbun, Selasa (30/3/2021) kemarin.

 

Jangan sampai katanya hanya daerah perkotaan saja yang dipikirkan dan diprogramkan. Ingat, di wilayah Kotim ini ada 17 kecamatan yang butuh perhatian dari pemerintah daerah. Apalagi di daerah pedalaman Kotim.

 

Menurutnya, pemerataan pembangunan itu sangat penting. Sebab, masyarakat di Kotim ini menaruh harapan besar dengan kepemimpinan Harati, Halikinnor dan Irawati untuk pemerataan tersebut. Infrastruktur itu penting, apalagi jalan.

 

“Sebab, jalan itu akan meningkatkan ekonomi masyarakat bahkan banyak pengaruhnya dengan peningkatan jalan, terutama di pelosok Kotim,” kata politisi PDIP Perjuangan ini..

 

Lebih lanjut Rimbun mengatakan, banyak pekerjaan rumah (PR), yang harus diselesaikan. Misalnya saja pengentasan kemiskinan, bidang kesehatan, ketahanan pangam bahkan sampai pada dunia pendidikan. “Ini harus menjadi perhatian pemerintah ke depannya,” kata Rimbun.

 

Untuk mengaplikasikan itu semua, tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Ia juga juga mendorong agar sumber PAD di Kotim ini bisa digali dan dikembangkan lagi. Banyak peluang yang harus ditangkap untuk meningkatkan PAD.

 

Untuk itu semua, perlu kerjasama dan juga program disesuaikan dengan anggaran yang ada dan tentunya tepat sasaran. Apalagi kondisi saat ini, yakni masih pandemi COVID-19 yang harus menggunakan anggaran harus seefesien mungkin tentunya.

 

"Saya yakin dan percaya, Harati sudah memahami dan sangat tau akan masalah di Kotim. Apalagi Bupati Kotim ini kan mantan Sekda yang langsung bersentuhan dengan anggaran daerah," pungkasnya.(kh1)