Indonesia Selasa, 13-04-2021 Jam 15:19:00
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Kotawaringin Timur

Pemkab Kotim Harus Terus Awasi Perangkat Desa Dalam Penggunaan Dana Desa

by Redaksi - Tanggal 06-04-2021,   jam 15:19:00
Pemkab Kotim Harus Terus Awasi Perangkat Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Wakil Ketua DRPD Kotim H Hairis Salamad

KALTENGSATU, KOTIM- Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H Hairis Salamad meminta kepada pemerintah daerah setempat agar terus mengawasi semua kepala desa yang baru menjabat, terutama sekali dalam penggunaan anggaram dana desa (DD) di wilayahnya.

 

"Sangat penting sekali dilakukan pengawasan dari pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk mengawasi perangkat desa. Hal ini berkaitan dengan perencanaan dan juga pelaporan kegiatan di desanya," jelas Waket II H Hairis Salamad, Senin (5/4) kemarin.

 

Hal ini kata dia dimaksudkan agar tidak ada lagi kesalahan dan juga penyalahgunaan dana desa yang bisa merugikan diri sendiri dan tentunya merugikan masyarakat desa itu sendiri. “Makanya kegiatan, program itu harus sampai pada pelaporannya harus sesuai,” kata dia.

 

Dirinya juga menekankan akan pentingny pembinaan, penganggaran, pelaksanaan dan juga perencanaan dalam pelaksanaan kegiatan atau program desa itu. Jangan sampai perangkat desa dibiarkan dan terlihat kerja sendiri nantinya.

 

Pihaknya tidak mengharapkan sampai perangkat desa tersandung masalah hukum akibat ketidaktahuaan dalam pengelolaan anggaran desa. "Untuk itulah sangat penting pemerintah daerah terus mengawasi dan melakukan pembinaan kepada perangkat desa," akuinya.

 

Jika perlu tambahnya, perangkat desa ini nantinya bisa meningkatkan SDM nya lagi. Jika perlu pula ada anggaran untuk meningkatkan SDM, paling tidak kepala desa terlebih dahulu. pungkasnya.(kh1)