Indonesia Senin, 15-07-2024 Jam 11:50:51
KaltengSatu
Home Berita MITRA-KALTENG Pemkab Murung Raya

Asisten I Setda Mura Secara Resmi Menutup Pelatihan operator komputer

by admin - Tanggal 27-06-2023,   jam 11:50:51
Asisten I Setda Mura Secara Resmi Menutup Pelatihan operator komputer Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Murung Raya Serampang saat melepas ID Card dari perwakilan peserta pelatihan komputer sebagai tanda berakhirnya atau ditutupnya pelatihan, berlangsug di aula cahai ondhui tinggang, pada Selasa (27/6/2023). 

KALTENGSATU, Puruk Cahu - Pelatihan  berbasis kompetensi operator komputer muda  (tahap I) yang digelar oleh Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Murung Raya selama satu bulan dari tanggal 8 juni sampai 27 juni 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 48 orang terdiri dari warga lokal Murung Raya 

 

Secara resmi ditutup oleh  Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Murung Raya Serampang yang berlangsug di aula cahai ondhui tinggang, pada Selasa (27/6/2023). 

 

Dalam laporannya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Murung Raya Kariadi mengungkapkan pihaknya berkerja sama dan mendapat dukungan dari pelatihan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi, Provinsi Jawa Barat sehingga mendapat 3 paket dalam pelatihan tersebut. 

 

“Kita dapat bantuan dari BBPVP bekasi ini untuk pendanaan tetapi terbatas, jadi kita juga menyediakan dana shering dari APBD sehingga bisa melaksanakan kegiatan ini dengan penuh,” ujar Kariadi

 

Ia juga mengatakan kedepanya pihaknya akan mengkoordinasikan para peserta pelatihan tersebut agar bisa bekerja di Perusahaan, dimana ia menyebutkan akhir - akhir ini banyak Perusahaan di Murung Raya yang membutuhkan tenga kerja operator komputer. 

 

“Akhir- akhir ini pihak Perusahaan swasta banyak merekrut operator sebelumnya kendala kita memang di skil,  nah dengan adanya pelatihan komputer ini kita dorong bisa mendapatkan pekerjaan secepatnya,” ungkap Kariadi. 

 

Tak hanya BBVP Bekasi, Kariadi menyatakan pihaknya juga bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Butterflay Puruk Cahu. 

 

“Nah kita juga bekerja sama dengan LPP Butterflay jalan musak II Puruk Cahu, kita memanfaatkan organisasi yang ada dan mereka ini akan mendapatkan dua sertifikat, pertama dari LPP Butterflay kedua dari Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia secara langsung,” tambah Kariadi. 

 

Sementara , Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Murung Raya Serampang dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah berterimakasih kepada Kementrian Tenga Kerja melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi, Provinsi Jawa Barat

 

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Murung Raya saya berterimakasih karena melalui anggaran APBN 2023 memberikan paket kegiatan pelatihan kepada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Murung Raya secara khusus pada  UPTD BLK Puruk Cahu,” ujarnya. 

 

Untuk melakukan seluruh program pelatihan yang sudah direncanakan dan dianggarkan secara maksimal sehingga memberikan manfaat dengan para pekerja untuk bersaing dalam dunia kerja. 

 

Tak hanya itu ia juga mengapresiasi kepada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Murung Raya dalam hal ini UPTD BLK Puruk Cahu dan jajaranya karena telah menginisiasi kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Murung Raya dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. 

 

Juga melalui diklat teknis dalam rangka mewujudkan masyarakat Murung Raya yang berkompetensi, berintegritas serta berdaya saing dalam menghadapi arus globalisasi serta perkembangan teknologi yang semakin cepat.

 

“Tujuan digelarnya pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan pekerja dikota Puruk Cahu dan merupakan satu kegiatan yang dapat mengurangi tingkat pengganguran,” tutup Serampang. 

 

Sebagai tanda berakhirnya pelatihan tersebut secara simbolis Asisten I Setda Murung Raya Serampang didampingi Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kariadi melepas kartu ID Card kepada 3 peserta pelatihan. (Kh1)