Indonesia Kamis, 13-05-2021 Jam 09:02:52
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Palangka Raya

Tanaman Holtikultura Empat Desa di Gunung Purei Cukup Menjanjikan

by Redaksi - Tanggal 21-02-2021,   jam 09:02:52
Tanaman Holtikultura Empat Desa di Gunung Purei Cukup Menjanjikan PERTEMUAN DENGAN POKTAN GUNUNG PUREI-Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati bersama jajarannya saat melakukan pertemuan dan diskusi dengan para penyuluh pertanian, tenaga teknis, Kepala Desa dan kelompok Tani (Poktan) se Kecamatan Gunung Purei yang dilaksanakan di aula BPP Lampeong, Sabtu (20/2/2021).(foto:Distan Barut)

KALTENGSATU, Muara Teweh - Geliat usaha tani seperti padi ladang, jagung hybrida, kopi, kakao dan beberapa jenis tanaman hortikultura yang sudah di kembangkan di empat desa wilayah Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara (Barut) cukup menjanjikan dari produktifitas maupun prospek pemasarannya.

 

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati mengatakan saat ini sudah ada dikembangkan di empat desa di Kecamatan Gunung Purei tanaman holtikultura yang produktifitas maupun prospek pemasarannya cukup menjanjikan.

 

Adapun ke empat desa tersebut yaitu Desa Tanjung Harapan, Desa Baok, Desa Lampeong dan Desa Payang. “Di empat desa ini beberapa jenis tanaman hortikultura sudah ada dikembangkan seperti padi ladang, jagung hybrida, kopi dan kakao. Untuk produktifitas maupun prospek pemasarannya cukup menjanjikan,” kata Syahmiludin melalui pesan WhatsApp (WA) Minggu (21/2/2021).

 

Menurut Syahmiludin, potensi pahan dan sumberdaya manusia (SDM) para petani di wilayah Kecamatan Gunung Purei cukup tersedia, hanya saja para petani ataupun kelompok tani (Poktan) ini perlu pendampingan, bimbingan dan dukungan yang lebih intensif lagi dilakukan.

 

Dinas Pertanian Barito Utara kata Syahmiludin pada Sabtu (20/2/2021) kemarin melaksanakan pertemuan silaturahmi dan diskusi dengan para penyuluh pertanian, tenaga teknis, Kepala Desa dan kelompok Tani (Poktan) se Kecamatan Gunung Purei yang dilaksanakan di aula BPP Lampeong.

 

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran Dinas Pertanian Barito Utara, Camat Gunung Purei, Koordinator BPP dan tokoh masyarakat Lampeong. Dalam kegiatan itu dikemas dengan suasana kekeluargaan dan penuh keakraban yang menghasilkan beberapa komitmen untuk saling bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan usaha tani yang akan di programkan di empat desa tersebut.(ari/kh1)