Indonesia Kamis, 13-05-2021 Jam 09:07:05
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Kotawaringin Timur

DPRD Kotim Minta Pemkab Tegakkan Perda Tentang Sampah

by Redaksi - Tanggal 25-04-2021,   jam 09:07:05
DPRD Kotim Minta Pemkab Tegakkan Perda Tentang Sampah Hj Darmawati : Ketua Komisi II DPRD Kotim

KALTENGSATU, SAMPIT - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Hj Darmawati meminta kepada pemerintah daerah agar bisa menerapkan Peraturan Daerah (Perda) terkait membuang sampah sembarangan.

 

“Karena Perda tersebut masih berlaku. Untuk instansi yang menanganinya yakni di Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kotim,” kata Ketua Komisi II DPRD Hj Darmawati, Jumat pekan kemarin.

 

Ia mengharapkan agar Perda yang telah dibuat sekitar 4 (empat) tahun lalu tersebut bisa lebih dimaksimalkan lagi. "Kenapa harus dimaksimalkan, karena Perda ini sudah mengatur sedemikian rupa bagi yang melakukan pelanggaran membuang sampah di sembarang tempat. Dan ini sudah ada aturannya, tentu harus lebih dijalankan lagi," jelasnya.

 

Lebih lanjut Hj Darmawati, Perda ini juga dibuat untuk kepentingan daerah, sudah barang tentu harus dimaksimalkan alias difungsikan nantinya.

 

"Mengingat Perda ini sudah lama disosialisasikan, sudah saatnya pula dijalankan dan diterapkan nantinya. Jangan hanya sekedar kertas di atas meja saja dibaca tanpa diaktualisasikan dilapangan," tegasnya.

 

Apalagi kata dia warga yang tinggal disekitaran depo sampah yang meluber menyampaikan ke DPRD, karena sampah semakin meluber dan mengeluarkan bau yang tidak sedap (menyengat). "Tentu masalah ini harus menjadi perhatian pemerintah daerah dalam hal ini DLH," ucapnya.

 

Dikatakannya lagi, bila sampah di Sampit ini berserakan, tentu kebersihan lingkungan juga terganggu dan dampaknya akan lebih luas lagi. Jangan sampai kasus penumpukan sampah bulan lalu terulang lagi. Masyarakat tentu akan sangat kecewa dengan kinerja dari pemerintah daerah.

 

Hj Darmawati mengatakan jika memang terkait masalah anggaran, sampaikan dalam programnya. Berapa anggaran yang diperlukan dalam penegakkan disiplin masalah Perda ini. Masalah disetujui atau tidak itu urusan belakangan, yang penting ada skala prioritas nantinya.

 

"Dinas Lingkungan Hidup harus memperhatikan pula petugas kebersihannya. Karena mereka (petugas kebersihan-red) adalah ujung tombak kebersihan sampah di Sampit ini," pungkasnya.(kh1)