Indonesia Kamis, 13-05-2021 Jam 10:21:06
KaltengSatu
Home Berita MITRA-KALTENG Pemkab Murung Raya

Pihak Ketiga Diminta Turut Pelihara Jalan Kabupaten

by Redaksi - Tanggal 29-04-2021,   jam 10:21:06
Pihak Ketiga Diminta Turut Pelihara Jalan Kabupaten Plt Kepala Dinas Perhubungan Mura, Rudi, S.T

KALTENGSATU, Puruk Cahu - Dinas Perhubungan Kabupaten Murung Raya (Mura) berharap pihak investor yang berinvestasi di wilayah kabupaten berjuluk Tana Malai Tolung Lingu untuk bersama sama ikut memelihara kondisi jalan kabupaten yang secara rutin dilewatinya.

 

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Rudi  menekankan hal ini menanggapi kondisi kerusakan di dua ruas Jalan Gajah Mada menuju arah Kelurahan Muara Tuhup dan Jalan Tjilik Riwut menuju Kecamatan Tanah Siang Selatan yang usai dilakukan pengecekan langsung bersama Bupati Mura beberapa waktu lalu.

 

"Pemerintah daerah pasca peninjauan kemaren saat ini sedang melaksanakan sosialisasi, 1 Mei 2021 nanti Tim Terpadu akan mulai bekerja dan rencananya menempatkan pos jaga untuk pemantauan di simpang tiga Jalan Gajah Mada - Jalan Tjilik Riwut luar Kota Puruk Cahu," kata Rudi, Selasa (27/4).

 

Mantan Kabid Bina Marga ini menjelaskan status dua ruas jalan ini merupakan jalan kabupaten berklasifikasi Kelas IIIc yang kemampuannya hanya mampu dilewati armada angkutan lebar dimensi kurang dari 2,1 m, panjang total kurang dari 9 m, berat tonase beban ganda terpusat kurang dari 8 ton.

 

"Menjawab kenapa kondisi dua ruas jalan ini rusak, karena armada yang melaluinya melebihi kemampuan jalan kelas IIIc dan yang memiliki armada yang melebihi spesifikasi tersebut hanya pihak investor. Sehingga sangat merugikan kepentingan masyarakat," jelasnya.

 

Dengan kondisi ini menurutnya perlu menjadi perhatian kita bersama khususnya para investor agar bisa bersama sama menjaga kondisi jalan, dan diharapkan bisa dilakukan peningkatan dilihat dari sisi keselamatan pengguna jalan.

 

"Selain ikut memelihara pihak investor juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas jalan kita karena armada yang biasa digunakan pastinya memiliki dimensi yang lebih besar sehingga bisa berdampak kepada keselamatan pengguna jalan lainnya," paparnya.

 

Dishub Mura dalam upaya melakukan pemantauan tonase armada masih berharap dengan pihak Pos Dishub di daerah Pasar Panas Kabupaten Bartim, dan  Tim Terpadu ini nantinya juga akan bertugas memantau dan mengambil tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku. (Kh1)