Indonesia Kamis, 13-05-2021 Jam 10:39:07
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Kotawaringin Timur

DPRD Kotim Minta Kejelasan Soal Kewajiban Perusahaan 20 Persen Lahan untuk Plasma

by Redaksi - Tanggal 29-04-2021,   jam 10:39:07
DPRD Kotim Minta Kejelasan Soal Kewajiban Perusahaan 20 Persen Lahan untuk Plasma Anggota Komisi I DPRD Kotim Rimbun ST

KALTENGSATU, SAMPIT - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rimbun ST mengharapkan kepada pemerintah daerah setempat agar tegas kepada pihak perusahaan terutama dalam memberikan 20 persen lahan dari Hak Guna Usaha (HGU) plasma untuk warga masyarakat.

 

Karena kata Rimbun masalah lahan 20 persen ini seakan tidak berjalan dan memang hanya sekedar aturan yang tidak pernah dijalankan. Terlebih lagi banyak kasus masalah ini. Misalnya saja antara PT BSK dan warga Desa Sumber Makmur di Kecamatan Telawang, Kotim.

 

"Pada saat RDP saja jawaban pemerintah daerah ini tidak jelas. Janganlah diputar-putar jawabannya, nanti yang rugi itu kan warga kita sendiri," katanya, Selasa (27/4) kemarin.

 

Sebenarnya kata dia jika pemerintah harus jujur dan menjalankan aturan, tentu hal tersebut tidak seperti ini. Karena masalah Desa Sumber Makmur lahan mereka itu merupakan lahan transmigrasi. Dan jelas peta dan SK dari Kementerian. "Berkaitan masalah lokasi maupun sertifikat itu urusannya adalah BPN," ucapnya.

 

Politikus senior PDIP Kotim ini juga meminta ketegasan dan kejelasan menyikapi lahan 20 persen yang memang kewajiban perusahaan tersebut. "Ini kan sudah jelas, tinggal eksekusi dari pemerintah saja sebenarnya. Aturan sudah ada, tinggal eksekusi saja lagi," pintanya.

 

Dirinya tentu akan membela hak-hak masyarakat, apalagi ini sudah jelas aturannya. "Saya minta pemerintah untuk tidak tutup mata dan menyepelekan masalah ini. Ini semakin membuat tanda tanya kita, jangan sampai masyarakat yang jadi korbannya nanti,"tutupnya.(kh1)