Indonesia Kamis, 13-05-2021 Jam 09:36:09
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Kotawaringin Timur

DPRD Kotim Minta Kantor Pajak Pratama Sampit Umumkan PBS yang Patuh Pajak

by Redaksi - Tanggal 29-04-2021,   jam 09:36:09
DPRD Kotim Minta Kantor Pajak Pratama Sampit Umumkan PBS yang Patuh Pajak Ketua Fraksi PKB DPRD Kotim M Abadi, S.pd

KALTENGSATU, SAMPIT - Ketua Fraksi PKB DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) M Abadi memint kepada Kantor Pajak KPP Pratama Sampit untuk bisa mengumumkan atau terbuka mengenai perusahaan apa yang sudah taat pajak dan mana yang tidak taat dengan pajak.

 

Karena kata dia hal ini untuk mengetahui perusahaan yang betul-betul taat aturan dan mana yang tidak taat aturan. "Ini sangat penting dilakukan dan disampaikan, karena memang berkaitan dengan Ketentuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) berhubungan dengan tandan buah segar sebagai hasil dari perkebunan kelapa sawit yang diserahkan kepada pabrik kelapa sawit," jelasnya, Selasa (27/4) kemarin.

 

Dirinya juga berharap dan menginginkan agar pihak Kantor Pajak KPP Pratama Sampit bisa memberikan informasi ini kepada masyarakat. “Jika memang dibolehkan dari sisi aturan mereka nantinya. Jika tidak mohon ini bisa diusulkan nantinya," pintanya.

 

Karena, menurutnya hal ini sangat penting dilakukan mengingat perusahaan sawit yang berinvestasi di wilayah Kotim ini sangat berpengaruh sekali dalam pendapatan daerah. "Saya lihat pajak perusahaan sawit di Kotim ini penyumpang terbanyak, hampir 90 persen semua berasal dari pajak mereka," ucapnya.

 

Cuma, dirinya juga berharap agar bisa dipublish perusahaan yang sudah taat pajak alias patuh. Dengan demikian kata Anggota Komisi II ini, jika pajak bisa ditarik tentu akan berimplikasi juga terhadap pendapatan daerah.

 

Selain itu, Abadi juga meminta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kotim untuk melakukan pemeriksaan kepatuhan wajib pajak daerah, terutama atas jenis pajak yang bersifat self assessment. "Hal ini tentu menjadi jawaban masyarakat terhadap ketaatan perusahaan yang berinvestasi di Kotim," punghkasnya.(kh1)