Indonesia Kamis, 24-06-2021 Jam 13:10:03
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

Bupati Serahkan Zakat Fitrah dan Zakat Maal di Masjid Al Huda

by Redaksi - Tanggal 13-05-2021,   jam 13:10:03
Bupati Serahkan Zakat Fitrah dan Zakat Maal di Masjid Al Huda SERAHKAN ZAKAT FITRAH DAN ZAKAT MAAL-Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyerahkan Zakat Fitrah dan Zakat Maal di Masjid Al Huda Jalan Semoga Indah Muara Teweh, Rabu (12/5/2021).(foto:Prokopim Barut)

KALTENGSATU, Muara Teweh - Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim baik laki-laki, perempuan, besar atau kecil, merdeka atau budak, tua dan muda, pada awal bulan ramadhan sampai menjelang Idul Fitri.

 

Zakat fitrah dikeluarkan berupa makanan pokok yang dibayarkan sebanyak 3,2 liter atau 2,5 kilogram. Tujuan zakat fitrah adalah untuk membersihkan (mensucikan) jiwa diri dari dosa-dosanya dan memberikan makan bagi fakir miskin serta diyakini menyempurnakan Ibadah Ramadhan yang telah dijalani selama satu bulan penuh.

 

Terkait zakat fitrah tersebut, Bupati Barito Utara (Barut), H Nadalsyah menyerahkan Zakat Fitrah-nya dan juga Zakat Maal di kepada panitia/Amil Zakat Mesjid Al Huda Muara Teweh yang berada di dekat kediaman bupati di Jalan Semoga Indah.

 

Bupati Nadalsyah mengharapkan semoga dengan penyerahan Zakat Fitrah dan Zakat Maal ini bisa dapat membantu 8 (delapan) golongan yang menerima zakat ini, mereka agar mereka dapat merayakan hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri.

 

Adapun ke 8 (delapan) golongan penerima diantaranya orang fakir (orang yang tidak memiliki harta), miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi), Riqab (hamba sayaha atau budak), gharim (orang yang benyak memiliki banyak hutang), mualaf (orang yang baru masuk Islam), fisabillilah (pejuang di jalan Allah), ibnu sabil (musafir dan para pelajar diperantauan) dan amil zakat panitia penerima dan pengelola dana zakat.

 

"Bagi kaum muslim khususnya masyarakat di Kabupaten Barito Utara, yang mampu dan belum berzakat fitrah. Mari tunaikan kewajiban Zakat Fitrah hingga nanti sebelum orang-orang selesai menunaikan Shalat Ied, untuk membantu sesama umat muslim," kata H Nadalsyah.

 

Bupati Barito Utara juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri. "Atas nama pribadi dan keluarga serta Pemerintah Kabupaten Barito Utara, saya ucapkan Taqobballahuminna wa minkum, taqobbal ya Kariim. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Minal Aidil Wal Faidzin, mohon maaf lahir batin," kata bupati yang akrab disapa H Koyem ini.(ari/kh1)