Indonesia Jum`at, 19-04-2024 Jam 06:57:36
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

20 Peserta dari Karang Taruna Ikuti Pelatihan Perkoperasian dan Kewirausahaan

by Redaksi - Tanggal 10-06-2021,   jam 06:57:36
20 Peserta dari Karang Taruna Ikuti Pelatihan Perkoperasian dan Kewirausahaan PELATIHAN PERKOPERASIAN-Kepala Dinas Nakertrankop UKM Barito Utara M Mastur mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Karang Taruna yang mengikuti pelatihan perkoperasian dan kewirausahaan, di aula Disnakertrankop UKM setempat, Rabu (9/6/2021).(foto:ist)

KALTENGSATU, Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Barito Utara (Disnakertrankop UKM Barut) melaksanakan pelatihan perkoperasian dan kewirausahaan.

 

Kegiatan pelatihan ini dibuka Kepala Disnakertrankop UKM Barito Utara M Mastur dan diikuti sebanyak 20 orang peserta dari pengurus Karang Taruna Kabupaten Barito Utara, pengurus koperasi Karang Taruna Tani Binaan Karang Taruna Barito Utara dan PPKL

 

“Pelatihan yang dilaksanakan ini selaras dengan misi ke 3 (tiga) pembangunan Barito Utara, yaitu peningkatan ekonomi masyarakat dibawah kepemimpinan Bupati Barito Utara H Nadalsyah dan Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, yang terus memberikan arahan, dukungan dan support agar upaya maksimal dilakukan dalam program dan kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat di kondisi pandemi COVID-19,” kata Kadis Nakertrankop UKM, M Mastur.

 

Dikatakannya, pelatihan adalah suatu proses pembelajaran yang terencana dan sistimatis sesuai kebutuhan peserta pelatihan untuk meningkatkan kinerja dengan memberikan atau mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan.

 

Lebih lanjut Mastur kegiatan peningkatan kualitas SDM masyarakat, para pencari kerja (pencaker), pelaku usaha koperasi maupun UMKM. “Apalagi dengan  melihat perkembangan di era moderen dan digitalisasi.

 

“Dimana perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat dan canggih, menuntut dan memacu kita semua untuk mengikuti perkembangan tersebut, karena kalau tidak, maka kita akan ketinggalan dan masyarakat pelaku usaha tidak bisa bersaing di dunia usaha, baik secara organisasi maupun meraih peluang-peluang usaha, apalagi dikondisi pandemi COVID-19,” kata mantan Camat Montallat ini.

 

Untuk itu kata Kadis Nakertrankop UKM, mari terus tingkatkan kualitas SDM dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai tuntutan perkembangan jaman. “Ciptakan dan kembangkan usaha KUMKM berbasis ekonomi produktif,” katanya lagi.

 

Mastur juga mengharapkan kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar dan dapat diikuti seluruh peserta dengan baik serta memberikan manfaat sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan untuk pengembangan diri, organisasi dan usaha yang dijalankan atau yang akan dijalankan.

 

“Ucapan terima dan apresiasi kepada pengurus Karang Taruna Kabupaten Barito Utara serta pihak-pihak terkait lainnya dengan terlaksananya kegiatan pelatihan ini,” kata Mastur.

 

Dalam kegiatan tersebut materi yang disajikan sebanyak 2 (dua) materi pokok, yaitu materi perkoperasian dan materi kewirausahaan yang langsung disampaikan Kepala Dinas Nakertrankop UKM Barito Utara M Mastur.

 

Usai pembukaan kegiatan pelatihan Kepala Disnakertranskop-UKM Barito Utara M Mastur dengan Ketua Karang Taruna Barito Utara Roby Cahyadi melakukan penandatanangan nota kesepahaman (MoU).(ari/kh1)