Indonesia Kamis, 24-06-2021 Jam 13:31:33
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

Disnakertranskop UKM dan Karang Taruna Teken Nota Kesepahaman

by Redaksi - Tanggal 10-06-2021,   jam 13:31:33
Disnakertranskop UKM dan Karang Taruna Teken Nota Kesepahaman TEKEN MoU-KEPALA Disnakertranskop dan UKM Barito Utara, M Mastur dan Ketua Karang Taruna Barito Utara, Roby Cahyadi menandatangani nota kesepahaman pelatihan perkoperasian serta kewirausahaan, Rabu (9/6).(foto:ist)

KALTENG SATU, Muara Teweh - Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disnakertranskop UKM) Kabupaten Barito Utara kembali membuat gebrakan. Kali ini, dinas yang dipimpin M Mastur itu menandatangani Memorandum of Understanding (Mou) dengan Karang Taruna Barito Utara (Barut), di Aula Disnakertranskop dan UKM setempat, Rabu (9/6/2021).

 

Nota kesepahaman ini berisi pelaksanaan pelatihan perkoperasian dan kewirausahaan di Kabupaten Barito Utara. Disnakertranskop dan UKM bersama Karang Taruna Barito Utara sepakat untuk menjalin serta mengembangkan kerja sama sejak tanggal 9 Juni 2021.

 

Dalam sambutannya, Mastur mengapresiasi bisa terlaksananya pelatihan perkoperasian dan kewirausahaan dengan cara sharing antara Disnakertranskop UKM dengan Karang Taruna Barito Utara.

 

“Jangan ragu-ragu dengan koperasi, karena legalitasnya sangat kuat yakni Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat 1. Yang bunyinya perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan,” beber mantan Camat Teweh Tengah ini.

 

Artinya, imbuh Kadis, menurut pasal 33 ayat 1 ini akan lebih tepat jika diterapkan bagi koperasi, karena koperasi dibangun dengan azas kekeluargaan. Di tengah pandemi COVID-19, perkembangan koperasi di Kabupaten Barito Utara terus meningkat. Terutama yang mengawali kegiatan, dapat terus meningkatkan sumber daya manusia.

 

Dikemukakan Mastur, usaha kecil dan menengah yang berkembang hari ini berbasis yakni berjualan secara online. “Pemkab Barito Utara melalui dinas terkait berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi,” ucapnya didampingi Sekdis Yulis Ashari, Kabid Koperasi dan Kepala UPT BLK.

 

Makanya, lanjut dia, perlu strategi dari koperasi, apalagi terkait usaha. Karena itu, perlu menciptakan koperasi modern dengan digitalisasi koperasi dengan informasi teknologi yang berkembang.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna Barito Utara, Roby Cahyadi SH MIKom mengenalkan pengurus koperasi yang baru dibentuk dan sudah berbadan hukum. Dia menjelaskan, potensi Karang Taruna di Barito Utara yang sangat besar.

 

“Sebelum memulai usaha, kami ingin menimba ilmu dan pengetahuan mengenai koperasi,” tuturnya didampingi Sekretaris Saleh Purwanto SE, Kabid UEP Haidir Ali SE, Kabid Organisasi Rois Aulia dan Kabid Kesejahteraan Sosial Fadli Harija.(kh2)