Indonesia Jum`at, 06-08-2021 Jam 01:03:12
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

Wabup Sugianto Panala Putra Hadiri Pencanangan Zona Integritas WBK Dan WBBM

by Redaksi - Tanggal 24-06-2021,   jam 01:03:12
Wabup Sugianto Panala Putra Hadiri Pencanangan Zona Integritas WBK Dan WBBM HADIRI PENCANANGAN ZONA INTEGRITAS WBK DAN WBBM-Wabup Sugianto Panala Putra mengahadiri pencanangan zona integritas WBK danb WBBM di kantor Pertanahan Barito Utara, Kamis (24/6/2021).(foto:ist)

KALTENGSATU, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara (Wabup Barut) Sugianto Panala Putra menghadiri pencanangan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Barito Utara, Kamis (24/6/2021).  

 

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua I DPRD Permana Setiawan, unsur FKPD, Kepala BPN Yoseph Wibisono, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.

 

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, mengucapkan selamat kepada  Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Barito Utara atas pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM),” kata bupati H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Wabup Sugianto Panala Putra.

 

Dikatakan Wabup, reformasi birokrasi merupakan langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional.

 

“Banyak kendala yang dihadapi seperti seperti penyalahgunaan wewenang, praktek KKN dan lemahnya pengawasan,” katanya.  

 

Sejalan dengan hal itu kata Wabup, pemerintah pusat telah menerbitkan peraturan Presiden nomor 81 tahun 2020 tentang grand design reformasi birokrasi, yang mengatur tentang pelaksanaanprogram reformasi birokrasi.

 

Peraturan tersebut katanya lagi menargetkan tercapainya tugas sasaran hasil utama seperti meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan pelayanan publik.

 

“Instansi pemerintah perlu membangun sebuah Pilot Project pelaksanaan repormasi birokrasi yang dapat menjadi percontohan pada unit-unit kerjanya, untuk itu perlu secra kongkrit dilaksanakan program reformasi pada unit kerja,” tuturnya.

 

Selain itu juga, pembangunan zona integritas meliputi 6 area perubahan yakni perubahan bidang manajemen, perubahan penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kerja dan penguatan kualitas pelayanan publik.

 

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Barito Utara mengapresiasi atas terlaksanannya kegiatan ini, semoga kedepannya akan terus dipertahankan dan ditingkatkan demi pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya di bidang administrasi pertanahan yang lebih transparan dan akuntabel,” ujarnya.

 

Wabup juga berharap kepada seluruh jajaran kantor pertanahan ATR/BPN memiliki jiwa yang tinggi, loyalitas serta dedikasi pengabdian yang tinggi kepada masyarakat Kabupaten Barito Utara yang kita cintai dan kita banggakan. Utamakan pelayanan prima dan perilaku anti korupsi sebagai tujuan utama dalam pelaksanaan tugas kita.(ari/kh1)