Indonesia Senin, 27-09-2021 Jam 20:04:22
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

Perusda Batara Membangun akan Bangun Pabrik Pentol

by Redaksi - Tanggal 05-08-2021,   jam 20:04:22
Perusda Batara Membangun akan Bangun Pabrik Pentol BANGUN PABRIK PENTOL-Jajaran Perusda Batara Membangun saat menggelar rapat dengan anggota DPRD Barito Utara terkait akan membangun pabrik pentol, di ruang rapat DPRD setempat, kemarin.(foto:ist)

KALTENGSATU, Muara Teweh – Perusahaan Daerah (Perusda) “Batara Membangun” terus berupaya untuk lebih berkembang. Kali ini pihaknya merencanakan akan memproduksi pentol yang nantinya akan di pasarkan kepada para pedagang pentol yang ada di daerah setempat.

 

Rencana ini disampaikan oleh Direktur Perusda Batara Membangun, Askiannor didampingi Badan Pengawas Perusda Batara Membangun, H Sopian Noor kepada para anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, kemarin.

 

Askiannor mengatakan bahwa pihaknya telah membuat rumah pentol dan peralatan untuk memproduksi pentol pun sudah disiapkan, tinggal menunggu pelaksanaannya.

 

Dalam memproduksi pentol ini, prosesnya menggunakan mesin mulai dari pengadukan bahan-bahan sampai bahan menjadi pentol, sehingga benar-benar higiebis.

 

"Jadi nantinya tidak ada menggunakan tangan. Mesin yang ada bisa memproduksi sebanyak 600 buah pentol per menitnya," jelas Askiannor.

 

Ia juga mengatakan, tujuan pihaknya membuat rumah pentol ini adalah untuk membantu para pedagang pentol yang ada di wilayah barito Utara, sehingga nantinya pedagang tidak perlu membuat pentol sendiri tetapi bisa membeli atau mendapatkannya dari pabrik Pentol Perusda Batara Membangun.

 

"Tujuan kita tidak melemahkan para pedagang lainnya, justru nantinya perusda membantu pedagang yang ada. Contohnya jika mereka menjual untuk sebuah pentol dengan harga Rp1.000 per biji, maka kita dari perusda akan menjual dengan harga Rp700 per bijinya," ucapnya.(kh3)