Indonesia Minggu, 17-10-2021 Jam 00:18:03
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Utara

Siswandoyo : Akreditasi Merupakan Salah Satu Penunjang Mutu Pelayanan

by Redaksi - Tanggal 27-09-2021,   jam 00:18:03
Siswandoyo : Akreditasi Merupakan Salah Satu Penunjang Mutu Pelayanan WORKSHOP PEMAHAMAN STANDAR AKREDITASI-Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara saat menggelar kegiatan workshop pemahaman standar akreditasi tahun 2021, di aula Kecamatan Teweh Tengah, Senin (27/9).(foto:ist)

KALTENGSATU, Muara Teweh - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara (Dinkes Barut) menggelar kegiatan Workshop pemahaman standar akreditasi tahun 2021, di aula Kecamatan Teweh Tengah, Senin (27/9).

 

Kegiatan workshop dibuka Keplaa Dinas Kesehatan Barito Utara H Siswandoyo dan dihadiri kepala Kepala Bidang PSDK dan 35 peserta dari tujuh puskesmas yang ada di daerah ini.

 

"Akreditasi puskesmas sebagai pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenyelanggaraan pelayanan klinis serta penerapan manajemen resiko. Akreditasi puskesmas ini bukan sekedar penilaian untuk mendapat sertifikat akreditasi,” kata Kadis Kesehatan H Siswandoyo saat membuka kegiatan workshop, Senin (27/9).

 

Dikatannya Kadiskes, akreditasi merupakan salah satu penunjang mutu pelayanan dan yang paling utama adalah bagaimana sumber daya manusia (SDM) kesehatan dalam menjalankan tugasnya dapat memperhatikan sikap dan tanggungjawab dengan tidak membedakan status masyarakat.

 

“Oleh karenanya saya berpesan agar seluruh nakes di puskesmas di daerah ini agar selalu bersikap ramah dan tulus walau kita dalam masa pandemi COVID-19 dan tentu selalu gunakan prtokol kesehatan sesuai ketentuan,” kata H Siswandoyo.

 

Kadis Kesehatan juga berharap workshop ini dapat memberikan pemahaman lebih jelas kepada peserta tentang tahapan-tahapan standar dan instrumen terkait kriteria akreditasi yang ditetapkan sehingga harapan kita bersama nantinya seluruh puskesmas yang ada di daerah ini dapat terakreditasi melalui tahapan dan ketentuan yang berlaku sehingga dapat mengikuti proses reakreditasi selanjutnya.

 

“Dengan mengikuti workshop ini juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang standar akreditasi puskesmas sehingga peserta workshop dapat menyusun langkah-langkah dalam upaya pemenuhan standar tersebut. Keluaran dari kegiatan adalah tersedianya rencana kegiatan dalam rangka pemenuhan standar akreditasi puskesmas,” kata dia.

 

Sementara Kabid PSDK Dinas Kesehtan, Pariadi mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada puskesmas terkait dengan pemenuhan standar akreditasi sehingga puskesmas dapat melakukan pemenuhan standar akreditasi.

 

“Untuk peserta kegiatan ini berasal dari tujuh puskesmas berjumlah 35 orang terdiri dari kepala puskesmas, ketua tim mutu, penanggungjawab admen, PJ UKM dan PJ UKP. Kegiatan dilasanakan selama dua hari, Senin dan Selasa,” kata Pariadi.(kh3)