Indonesia Senin, 06-05-2024 Jam 01:26:47
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Timur

Penandatanganan Rencana Kerja Tandai UHC Non Cut Off Kabupaten Barito Timur

by Redaksi - Tanggal 01-09-2023,   jam 01:26:47
Penandatanganan Rencana Kerja Tandai UHC Non Cut Off Kabupaten Barito Timur PENANDATANGANAN RENCANA KERJA-Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas didampingi Sekda Barito Timur, Panahan Moetar dengan BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh di Kantor Bupati Barito Timur, Kamis (31/8/2023) melakukan Penandatanganan Rencana Kerja tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Kabupaten Barito Timur.(kaltengsatu:ist)

KALTENGSATU, Tamiang Layang – Kabupaten Barito Timur (Bartim) resmi meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) non cut off. Hal tersebut ditandai dengan Penandatanganan Rencana Kerja tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Kabupaten Barito Timur dalam Rangka Universal Health Coverage antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur oleh Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar dengan BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh di Kantor Bupati Barito Timur, Kamis (31/8/2023).

 

Kegiatan tersebut juga dihadiri OPD terkait dan Camat se Kabupaten Barito Timur agar peningkatan perluasan cakupan dapat dioptimalkan.

 

Berdasarkan data BPJS Kesehatan per Agustus 2023, sebanyak 113.536 penduduk atau sebesar 98,56 persen dari total 115.200 penduduk Kabupaten Barito Timur telah terdaftar dalam Program JKN dengan tingkat keaktifan 78,43  persen.

 

Kelebihan status UHC non cut off tersebut, maka masyarakat yang belum memiliki kepesertaan JKN maupun peserta JKN non aktif, jika yang bersangkutan didaftarkan menjadi peserta PBPU & BP Pemda (Iuran yang dibayarkan Pemkab Barito Timur) kepesertaannya bisa langsung aktif tanpa ada masa tunggu.

 

Hal tersebut menjadi komitmen dan bukti nyata dari Pemkab Barito Timur dalam menghadirkan kepastian layanan kesehatan yang berkualitas kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Barito Timur melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

 

Sinergi dan kerjasama yang baik dinilai sebagai kunci suksesnya penyelenggaraan Program JKN di wilayah Kabupaten Barito Timur, termasuk berkaitan dengan penganggaran yang memadai sehingga kewajiban pembayaran dapat terpenuhi dan keberlanjutan UHC dapat terus menjadi prioritas bersama.

 

Dengan capaian kepesertaan diatas 95 persen dan keaktifan peserta diatas 75% sebagai syarat UHC non cut off yang diraih oleh Pemkab Barito Timur tersebut tentunya menjadi prestasi yang luar biasa.

 

BPJS Kesehatan pun mengapresiasi dukungan dan komitmen yang tinggi dari Pemkab Barito Timur, dengan UHC non cut off akan mewujudkan akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap seluruh masyarakat sebagai kepastian dan perlindungan resiko finansial saat masyarakat membutuhkan layanan kesehatan.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkab Barito Timur dan seluruh pemangku kepentingan yang terus mendukung penyelenggaraan Program JKN, harapannya UHC non cut off ini dapat terus berlanjut ke depan,” ucap Achmad Zainuddin selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh.(kh3)