Indonesia Senin, 06-05-2024 Jam 02:36:32
KaltengSatu
Home Berita LINTAS-KALTENG Barito Timur

Melianus Percayakan pada Program JKN untuk Jamin Kesehatan Keluarganya

by Redaksi - Tanggal 29-01-2024,   jam 02:36:32
Melianus Percayakan pada Program JKN untuk Jamin Kesehatan Keluarganya

KALTENGSATU, Tamiang Layang – Bekerja disalah satu perusahaan swasta di wilayah Madarau Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Melianus Sudarsono (40), sekeluarga kini telah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari segmen Pekerja Penerima Upah.

 

Baru-baru ini, Melianus Sudarsono (40) menceritakan pengalaman menggunakan layanan JKN ini untuk persalinan anak ketiganya di RSUD Tamiang Layang.

 

“Pada tanggal 15 Januari lalu, saya mendampingi istri untuk persalinan yang merupakan anak ketiga kami di RSUD Tamiang Layang, pada saat itu karena kondisi gawat darurat jadi saya langsung bawa istri ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan langsung ditangani dengan cepat,” ucap Melianus.

 

Saat awal pelayanan, dirinya mengakui kemudahan administrasi JKN ketika cukup dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan yang ada di KTP saja.

 

“Jadi waktu pertama ke IGD, cukup menunjukkan KTP sudah bisa dilayani karena saya sekeluarga sudah terdaftar dalam Program JKN melalui tempat saya bekerja, jadi tidak perlu repot lagi menunjukkan fotokopi kartu keluarga atau berkas lainnya,” terangnya.

 

Dari segi biaya, ia juga tidak perlu lagi khawatir karena biaya persalinan telah dijamin sepenuhnya dari Program JKN.

 

“Ini juga pengalaman pertama kami menggunakan layanan JKN untuk proses persalinan, sebelumnya dengar-dengar dari teman, Program JKN itu sangat membantu, itu sebebnya saya juga percaya karena saat ini telah merasakan penjaminan sepenuhnya dari Program JKN tanpa ada iur biaya,” tambahnya.

 

Dari perusahaan swasta yang bergerak dibidang perkebunan sawit tempat ia bekerja, Melianus bertugas untuk memanen sawit secara langsung dilapangan.

 

“Karena saya bertugas sebagai bagian panen, jadi langsung turun ke lapangan, kalau risiko sakit atau kesehatan pastinya selalu ada, tapi tentunya tidak khawatir lagi karena sudah terdaftar sebagai peserta JKN,” kata dia.(adm/kh3)